Menyemai Kaktus dari Bibit Biji Kaktus Pilhan Anda

Bagi anda yang mulai mencintai keelokan kaktus, tentu ingin mempunyai kaktus lebih banyak lagi. Alternatif paling mudah ya belanja bibit lagi apalagi dengan belanja online mendapatkan bibit kaktus demikian mudahnya. Alternatif lain dapat dengan menyemai biji kaktus yang kita panen sendiri dari kaktus kita yang sudah berbunga dan menuai biji. Pilihan kedua bisa jadi akan lebih menarik dan menantang bagi anda yang masih menyisakan cukup waktu luang. Sekaligus untuk menguji dan melatih kesabaran.



Yuk kita pelajari prosedurnya. Berikut langkah demi langkah Menyemai Kaktus dari Bibit Biji Kaktus Pilhan Anda :

  1. Petik polong biji dari kaktus atau beli bibit kaktus.
    Mulailah dengan mencari polong biji atau buah pada kaktus Anda. Biasanya, polong tumbuh menjadi cabang dari bagian inti tubuh kaktus yang telah berbunga. Ketika bunganya telah gugur, polong/buah kaktus telah matang dan siap dipanen (asumsi jika ia telah melalui proses penyerbukan).
  2. Jika Anda memanen biji kaktus dari polongnya, petiklah polong-polongnya.
    Petik polong atau buah dari kaktus sebelum polong/buah tersebut mengering. Polong/buah tidak harus memiliki kelembaban yang sangat tinggi, namun setidaknya masih sedikit basah jika Anda menekannya. Biji kaktus bisa memiliki bentuk dan penampilan yang berbeda-beda. Beberapa jenis biji berwarna hitam pekat atau terdapat bintik-bintik kemerahan yang terlihat jelas, ada juga yang berbentuk sangat kecil dan halus, sehingga terlihat seperti pasir atau debu.
    Cara polong terlepas dari kaktus adalah indikator yang baik tentang kedewasaan polong tersebut. Polong yang telah matang dengan biji yang matang seharusnya bisa dicabut dengan santai saja dan meninggalkan serat/kapas interiornya pada kaktusnya.
  3. Selanjutnya, panenlah biji kaktus dari dalam polong yang telah Anda petik.
    Setelah Anda memetik semua polong matang dari kaktus Anda, kini saatnya Anda untuk mengeluarkan biji-biji yang terdapat di dalamnya. Mulailah dengan membelah bagian atas polong menggunakan pisau yang tajam. Lalu, belah salah satu sisinya agar Anda dapat melihat di mana biji terdapat. Lalu, keluarkan biji-biji tersebut dengan mengoreknya dari dalam polong.
    Memanen biji dari kaktus tropis mungkin bisa berbeda dengan cara memanen biji dari kaktus gurun, namun secara umum konsepnya sama --petik buah kaktus dari batangnya dan buka untuk menemukan bijinya. Sebagai contoh, biji dari kaktus natal yang merupakan salah satu jenis kaktus tropis yang bijinya bisa dipanen dengan memetik buahnya yang berbentuk seperti blueberry lalu diperas/dibelah untuk mendapatkan bijinya.
  4. Tanamlah biji-biji kaktus pada tanah berdaya serap tinggi.
    Biji yang Anda dapatkan baik dari toko ataupun dari hasil panen, Anda harus menanamnya pada penampung yang bersih dan dangkal yang diisi dengan tanah yang cocok untuk menanam kaktus tersebut. Gemburkan tanah dengan baik sebelum Anda menanam kaktus agar air tidak menggenang. Lalu, sebarkan bibit pada permukaan tanah(tidak perlu dikubur). Setelah itu, tutup biji-biji tersebut dengan lapisan tanah/pasir yang sangat tipis. Biji kaktus hanya memiliki sedikit cadangan energi, dan jika tertanam terlalu dalam, mereka akan kehabisan energi sebelum mampu mencapai permukaan tanah.

Demikianlah prosedur dan step-by-step "Menyemai Kaktus dari Bibit Biji Kaktus Pilhan Anda", semoga sukses. Akhir kata "Cintailah kaktus sepenuh hati, karena dia akan menyemai keceriaan anda".

Comments

Popular posts from this blog

Clay Buatan dari Bahan Dasar Tepung dan Lem dan Cara Membuatnya

Menanam Kaktus dari Bibit Biji - Mudah, Lengkap dan Jelas

Cara Menanam Bonsai Dari Biji